Selasa, 20 April 2010

Membuat Class Diagram Menggunakan Netbeans versi 6.7

Mungkin rekan rekan masih bingung atau belum mengerti bagaimana cara membuat class diagram dengan menggunakan netbeans. Pada kesempatan kali ini, saya akan membantu anda untuk mengoperasikan netbeans ini.

Sebelumnya, netbeans 6.7 harus sudah diinstal di PC atau di laptop anda. Dan pastikan pula bahwa ketika anda menjalankan netbeans, PC atau laptop anda terhubung internet. Serta, instal juga UML-nya.

Langkah pertama, klik 'file' yang ada di kiri atas lalu pilih 'new project'. Setelah itu muncul kotak dialog. Pada bagian project, pilih 'java-platform model' lalu pilih 'next'. Setelah itu anda harus memasukkan nama project anda, lalu klik 'finish'.

Selanjutnya, anda harus memilih diagram type-nya. pilih 'class diagram' lalu klik 'finish' lagi.

Langkah kedua, ketika anda telah berhasil masuk ke lembar kerja netbeans 6.7, pilih icon 'package' yang terdapat di sebelah kanan atas lalu letakkan di dalam lembar kerja netbeans. Anda dapat pula mengubah nama package tersebut.

Langkah ketiga, pilih icon 'class' lalu pindahkan ke lembar kerja. ubah nama kelas tesebut sesuai dengan nama kelas yang anda inginkan. Lalu, dari dalam kelas tersebut anda dapat membuat berbagai macam atribut pendukung kelas. Maka secara otomatis ketika anda membuat atribut, pada kolom 'operation', yang terletak di bawah kolom atribut akan terisi dengan sendirinya.
Ulangi langkah ketiga apabila anda ingin membuat kelas lain.

Langkah keempat, hubungkan antara kelas yang satu dengan kelas yang lainnya dengan menggunakan 'navigable association'. Caranya, klik kelas yang akan dihubungkan, setelah itu muncul icon - icon pendukung di samping kanan kelas tersebut. Klik icon ketiga dari atas, lalu pilih icon 'navigable association' urutan keempat dari sebelah kiri. Lalu drag icon tersebut ke dalam class lain yang saling berkaitan.

Langkah kelima, hubungkan kelas - kelas yang sudah anda buat dengan package-nya dengan menggunakan 'containment'. Caranya, klik package, muncul icon - icon, drag icon 'containment' ke semua kelas yang ada.

Langkah keenam yaitu digenerate, untuk membuktikan apakah class diagram yang anda buat mengalami error atau tidak.

Berikut ini adalah contoh dari class diagram yang menggunakan penerapan dari UML (Unified Model Language) atau Bahasa pemodelan yang terpadu.





2 komentar:

Cute Girl mengatakan...

wah keren ne,,,

tapi wimana ya cara mengedit kembali diagram yang sudah kita simpan?

Unknown mengatakan...

bagaimana cara cepat mengerti netbeans????

Posting Komentar